• Email Support hermawann19@gmail.com
  • Call Support 0812-1516-1601

Posts

lawang sewu semarang

Wisata Gedong Songo dan Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu – Pernahkah Anda mengunjungi kedua tempat tersebut? Bagi yang sudah mungkin belum tentu tahu cerita dibalik bangunan-bangunan yang eksis sampai sekarang ini. Sebetulnya dua tempat ini berjarak cukup jauh.

Lawang Sewu berada di pusat kota Semarang dan Candi Gedong Songo berada di Kabupaten Semarang. Namun untuk menjangkau kedua tempat ini dalam satu hari sangat cukup. Jadi sebelum ke tempat-tempat tersebut Anda bisa melihat sedikit informasinya di bawah ini, ya!

Gedong Songo

Gedong Songo salah satu wisata yang terdapat di daerah bandungan, yang menyajikan pemandanganalam dengan peninggalan prasejarah berupa candi – candi kecil yang di bangun di daerah tersebut.

Gedong Songo begitulah masyarakat di daerah bandungan menyebutnya karena candi yang terdapat diwisata tersebut berjumlah Sembilan.

candi gedong songo

Di Gedong Songo ini adalah salah satu destinasi yang sering sekali di jadikan tempat para wisatawan untuk sekedar refreshing, berfoto, dan berlibur.

Karena di tempat ini menyajikan pemandangan alamyang bagus, dengan hawa yang segar sehingga para wisatawan yang jenuh dengan keadaan kota yangpenuh polusi dan keramaian kendaraan akan sangat rileks berada di wisata Gedong Songo ini.

Jadi untuk para pengunjung atau pun tamu yang berada di Semarang sangatlah rekomendasi bila obyek wisata ini di jadikan salah satu destinasi untuk refreshing. Gedong Songo ini berada di daerah bandungan dimana dapat di tempuh dalam waktu kurang lebih satu jam dari kota Semarang.

Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu adalah bangunan sejarah yang terdapat di kota Semarang dengan pintu yang sangat banyak sekali sehingga warga sekitar Semarang menyebutnya sebagai Lawang Sewu yang berarti pintu seribu.

Padahal untuk jumlah pintu sebenarnya yang terdapat di Lawang Sewu tidak mencapai seribuhanya 429 pintu.

Bangunan peninggalan belanda yang dibangun pada tahun 1907 ini masih berdiri kokoh di kota Semarang, bangunan ini berada di bundaran tugu muda yang dulu di sebut Wilhelnaplein.

lawang sewu semarang

Pada waktu itu bangunan ini di pergunakan oleh pemerintahan belanda sebagai kantor kereta api dan sempat menjadi bangunan tanpa penghuni dalam jangka waktu yang cukup lama.

Bangunan ini adalah saksi daripertempuran lima hari dikota Semarang yang terjadi pada tanggal 14 oktober 1945 – 19 oktober 1945dimana pemuda AMKA atau Angkatan Muda Kereta Api melawan kempetai dan kidobutai dari jepang.

Bangunan ini sering sekali di kenal masyarakat sebagai bangunan yang banyak menyimpan cerita mistis dan misteri karena bangunan ini sempat menjadi bangunan yang tidak berpenghuni selama beberapa tahun dan kekejaman jepang pada masa penjajahan dahulu.

Bangunan ini memiliki penjara bawah tanahdimana banyak warga Indonesia yang di siksa di penjara tersebut hingga meninggal dan masih banyaklagi kekejaman jepang yang dilakukan di gedung tersebut. Setelah bangunan ini tidak di pergunakan lagisebagai bangunan perkantoran belanda.

Tetapi di tahun 2011 Lawang Sewu berbenah menjadi salah satu wisata yang sangat indah dengan renovasi di bangunan tersebut tanpa merubah bentuk dari bangunan awalnya.

Hanya membenahibangunan yang rusak, pemberian cat dan penambahan penerangan yang membikin bangunan initambah indah pada malam hari.

Sebagai peninggalan prasejarah sangatlah rekomendasi bagi para wisatawan untuk mengunjungi bangunan ini yang memberikan nostalgia pada masa penjajahan dahulu.

Anda bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut bersama Sewa Mobil HNI Semarang.

× Chat WA